Ini Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan
Ini Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan
Lada hitam sejak jaman dulu telah dimanfaatkan secara tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit.

koneksi.tv - Lada hitam sejak jaman dulu telah dimanfaatkan secara tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit. Mulai dari obat demam, asma, sakit kepala, dan sakit perut.

Manfaat lada hitam ini didapatkan dari kandungannya yang berupa vitamin B, folat, vitamin E, zinc, dan beragam jenis antioksidan, seperti likopen, lutein, zeaxanthin, terpenoid, alkaloid, polifenol, dan flavonoid.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (28/11/2022), berikut manfaat lada hitam bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat lada hitam adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Senyawa aktif dalam rempah-rempah tersebut berperan dalam meningkatkan sel darah putih, yang digunakan tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang.

2. Menurunkan Kolesterol

Lada hitam dipercaya membantu mengontrol kolesterol dalam darah, penambahan lada hitam dalam masakan olahan daging bertujuan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol yang terkandung dalam daging, terutama daging merah.

Kolesterol jahat dalam darah yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung yang menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Ekstrak lada hitam telah dipelajari pada hewan dan memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol.

3. Mengontrol Gula Darah

Piperin dalam lada hitam terbukti mampu membantu meningkatkan metabolisme gula darah. Sebanyak 86 orang obesitas yang mengonsumsi suplemen mengandung piperin dan senyawa lain selama 8 minggu, mengalami peningkatan sensitivitas insulin signifikan

Sensitivitas insulin adalah ukuran seberapa baik hormon insulin menghilangkan glukosa dari aliran darah. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat lada hitam yang satu ini.

4. Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

Lada hitam dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian pada tikus dengan penyakit Alzheimer menemukan bahwa piperin dalam rempah pedas ini mampu meningkatkan kekuatan memori tikus.

Hal ini terbukti dari tikus yang diberikan piperin, bisa berulang kali melewati labirin lebih efisien daripada tikus yang tidak diberi senyawa tersebut. Meski begitu, masih belum diketahui apakah manfaat lada hitam tersebut juga berlaku pada manusia.

5. Meredakan Gejala Flu

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah membantu meredakan gejala flu. Kandungan antibakteri dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan virus penyebab flu.

Efek pedas dan hangat setelah mengkonsumsi lada hitam juga membuat badan terasa lebih nyaman saat terserang flu.

 

Comments

https://koneksi.tv/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!