menu
Tips dari Marie Kondo Supaya Rumah Rapi Terus
Tips dari Marie Kondo Supaya Rumah Rapi Terus
Kegiatan beres-beres menjadi sangat menyebalkan untuk dilakukan, entah karena malas atau capek, hingga bikin kita mengeluh terus. Perasaan baru kemaren diberesin, kok udah berantakan lagi?

The Life Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing

KONEKSI.TV - Pernahkah kamu merapikan rumah secara gila-gilaan, tetapi tetap acak-acakan? Sulit mulai darimana dulu? Atau kamu merasa sia-sia saja merapikan rumah setiap hari?

Tenang. Bukan hanya kamu. Hampir semua orang kembali ke kebiasaan berantakan setidaknya sekali, atau malah berkali-kali.

Kegiatan beres-beres menjadi sangat menyebalkan untuk dilakukan, entah karena malas atau capek, hingga bikin kita mengeluh terus. Perasaan baru kemaren diberesin, kok udah berantakan lagi?

Sebetulnya, beres-beres itu juga ada tekniknya, lho.

Wanita asal Jepang bernama Marie Kondo membagikan teknik-teknik merapikan rumah yang ia tuangkan dalam bukunya, The Life Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing.

Berikut tips-tips dari Marie Kondo yang bisa kamu terapkan ketika beres-beres rumah.

1. Membuang Semua Sampai Tuntas

Ketika membenahi rumah terkadang kita berpikir dua kali untuk membuang barang-barang yang sudah disimpan sejak lama. Tetapi, jika disimpan terus, rumah malah semakin berantakan.

Tips untuk permasalahan ini. Lebih baik, simpan saja barang-barang yang sungguh berharga dan membangkitkan kebahagiaan. Kemudian, teguhkan tekad untuk membuang sisanya.

Terkadang kita terlalu berpikir memerlukan benda ini, benda itu, sehingga akhirnya malah menumpuk dan tak pernah dipakai lagi.

2. Berbenah Sesuai Urutan

Harus mulai darimana dulu? Pertanyaan tersebut pasti senantiasa menghantui pikiran kita ketika ingin mulai berbenah.

Dalam bukunya, The Life Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing, Marie Kondo menyarankan untuk berbenah berdasarkan kategori, bukan lokasi.

Bisa dimulai dengan menyimpan pakaian, kemudian merapikan buku-buku, mensortir kertas-kertas yang masih terpakai, hingga yang terakhir merapikan pernak-pernik seperti uang receh maupun benda-benda yang kecil.

3. Menyimpan Barang Sesederhana Mungkin

Buatlah tempat tersendiri untuk setiap barang. Jangan menyimpan di tempat yang tersebar-sebar. Seringkali hal ini menyulitkan kita ketika membutuhkan barang tersebut, juga membuang banyak waktu.

Lipat pakaian menjadi bentuk sesederhana mungkin agar lemari memiliki banyak tempat. Dengan begini, tidak perlu lagi banyak lemari untuk menyimpan pakaian-pakaian dan perlengkapan lainnya.

4. Luangkan Waktu Khusus Untuk Berbenah

Jika kamu mengira berbenah adalah kesibukan tak berkesudahan, itu salah besar.

Kamu bisa menjadwalkan hari khusus untuk membenahi rumah secara keseluruhan, daripada berbenah setiap hari yang akhirnya justru tertunda-tunda.

Percayalah. Jika tidak segera dituntaskan, maka kegiatan berbenah itu akan semakin membebanimu. Jadi, mumpung sedang antusias, akan lebih baik diselesaikan dalam satu hari atau beberapa hari hingga kegiatan beres-beres tuntas.

Nah, itulah beberapa tips dari Marie Kondo yang tertuang dalam bukunya, The Life Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing yang dilansir dari jatengnetwork.com oleh Fitria Nurul Ambarwaty.

Kamu bisa terapkan tips-tips dan metode ini agar rumahmu lebih rapi. Selamat berbenah

Comments

https://koneksi.tv/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!